Tentang Program Studi

Program Studi Desain Produk adalah sebuah program studi yang  berada di bawah Fakultas Desain dan Seni Kreatif, Universitas Mercu Buana. Program studi ini ada sejak tahun 2007. Hal tersebut sesuai dengan Surat Izin Penyelenggaraan Program Studi yang diterbitkan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional RI No.2747/D/T/2007 tertanggal 14 September 2007 Tentang Ijin Penyelnggaraan Program Studi Desain Produk (S1) pada Universitas Mercu Buana Jakarta. Pendirian program studi ini diperkuat dengan SK Rektor Nomor:07/096/F-Skep/IX/2007 tentang pembentukkan Program Studi Desain Produk (S1) di lingkungan Universitas Mercu Buana.

Saat didirikan, Program Studi Desain Produk berada di Fakultas Teknik Perencanaan dan Disain (FTPD) berada bersama Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Arsitektur dan Program Studi Desain Interior. Namun pada tahun 2014 Program Studi Desain Produk memisahkan diri dengan bidang teknik dan berada di Fakultas Desain dan Seni Kreatif (FDSK) bersama dengan  Program Studi Desain Interior dan Program Studi Desain Komunikasi Visual.

Program Studi Desain Produk mengikuti akreditasi BAN-PT pertama kali pada tahun 2012 dengan mendapatkan nilai B (No.010/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013). Pada tahun 2017, Program Studi Desain Produk Kembali melakukan akreditasi dan mendapatkan nilai A (No.4122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017).

Dalam Program Studi Desain Produk membahas tentang  Desain yang di Produksi secara Massal mulai dari tahap perencanaan, perancangan, manajemen hingga marketing dalam diskusi IPTEKS dan budaya (kearifan lokal).

 

Lama Studi

Lama Studi Maksimal:

  • Asal SMU 14 Semester
  • Asal D3 ( menempuh 57 – 81 sks) 10 Semester

 

Prasyarat

Lulusan SMA/Sederajat semua jurusan

 

Fasilitas Laboratorium

  • Lab. Komputer iMac
  • Lab. Cetak/Sablon
  • Lab. Fotografi
  • Lab. Modelling Kayu dan Jahit